March 14, 2022

Salah satu persyaratan untuk dapat melakukan aktivitas pengangkutan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah memiliki armada yang dilengkapi GPS tracking. Dan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.4/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2020 tentang Pengangkutan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, GPS Tracker yang dapat digunakan hanyalah yang sudah terhubung dengan Silacak. Salah satunya adalah GPS VAMOS (www.vamostech.com)

 

Silacak adalah sistem pelacakan pengangkutan limbah B3 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Untuk dapat terhubung dengan Silacak, GPS tracking harus didaftarkan ke KLHK dan memenuhi spesifikasi komunikasi data Silacak. GPS Vamos dapat menjadi pilihan GPS Provider tepercaya anda karena sudah terintegrasi dengan Silacak sejak 2021.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum proses integrasi, sebagai berikut:

  1. Penyedia GPS harus terdaftar di Silacak.
  2. Perusahaan pengangkut limbah B3 harus terdaftar di Festronik, yaitu sistem pemantauan kegiatan pengelolaan dan serah-terima limbah B3 secara daring.
  3. Semua kendaraan pengangkut yang akan dipantau sudah dipasang GPS tracker (dari penyedia GPS yang telah terdaftar di Silacak).
  4. Penyedia GPS memasukkan semua kode Automatic Vehicle Locator (AVL)/ID GPS/IMEI dan perusahaan pengangkut di Silacak.
  5. Penyedia GPS akan menerima API Key dari KLHK untuk uji koneksi/integrasi dengan Silacak.
  6. Penyedia GPS memastikan integrasi berhasil, serta unit kendaraan terlihat di Silacak dengan pergerakan dan data real-time. Pada Silacak akan muncul informasi Kode AVL, Penyedia GPS, Kode Festronik, Nopol, Jenis Limbah, Pengirim, Pengangkut, Penerima, dan tonase limbah yang dikirim.

 

GPS VAMOS akan mengirimkan data informasi berupa koordinat, kecepatan dan waktu ke server Silacak dan akan tersimpan di database Silacak. Riwayat trip akan tersimpan di Silacak berdasarkan kode AVL GPS Provider masing-masing.

 

Dengan penggunaan GPS Tracking inipengawasan dan kepatuhan pengangkutan dan pembuangan limbah B3 akan terpantau secara real-time dari hulu hingga ke hilir. Selain itu, integrasi ini juga memudahkan proses pengelolaan limbah B3 dan pelaporan kegiatan karena status diperbarui secara otomatis, data akurat, dan minim human error

 

Segera mulai integrasikan sistem pengelolaan limbah B3 Anda dengan Silacak menggunakan GPS Vamos. Tak hanya dapat terhubung dengan Silacak, tetapi Anda juga akan mendapatkan aplikasi mobile dan Software Monitoring tersendiri dari Vamos.

Fitur laporan GPS Vamos memiliki beragam fitur untuk membantu operasi dan pengelolaan armada transportasi limbah B3 Anda lebih efisien. Fitur-fitur utama Vamos, di antaranya pelacakan lokasi real-time, riwayat trip, pemantauan kendaraan berbasis area( Fence), berbagai jenis laporan otomatis, beragam Alert (notifikasi starter mobil dinyalakan/dimatikan, armada keluar dari jalur / masuk ke area terlarang, kecepatan berlebih, parkir di area yang tidak diizinkan dll).

 

Hubungi GPS Vamos segera di www.vamostech.com