July 12, 2022

Jumlah waktu idle sebenarnya dapat diminimalisir agar tidak merugikan perusahaan.

Namun, sebelum menentukan cara menangulangi kerugian kendaraan akibat idle, ada baiknya anda memahami pengertian dari idle time dan kerugian yang ditimbulkan idle.

Idle adalah kondisi di mana kendaraan tidak bergerak / berhenti sewaktu pengiriman. Idle biasanya terjadi ketika lalu lintas berada dalam kondisi macet, menunggu antrian di tol, sopir kendaraan sedang beristirahat, sopir sedang mempersiapkan dokumen, terjadi bongkar-muat barang, dan lain-lain.

Kerugian dari kendaraan yang idle, antara lain pemborosan biaya bahan bakar dan minyak pelumas, peningkatan biaya perawatan, serta terjadi polusi udara dan pemanasan global yang merugikan lingkungan. Gas buang hasil pembakaran kendaraan adalah penyebab utama dari polusi udara.

Kendaraan yang idle menambah jumlah pengeluaran perusahaan, terutama karena biaya bahan bakar dapat mencapai 50% dari anggaran operasional armada. Belum lagi jika kendaraan idle, barang bawaan pun rentan dicuri/ dirampok.

Menghentikan idle saat berkendara bukan hal yang mudah, tetapi perusahaan dapat mengurangi kerugian akibat idle time dengan cara:

1. Memberikan Edukasi kepada Sopir

Mematikan mesin saat kendaraan tidak digunakan adalah cara yang paling baik. Saat parkir atau istirahat, sopir dihimbau untuk mematikan mesin dan mengunci semua pintu mobil. Saat sopir kembali, nyalakan mesin lalu lakukan pengecekan. Selain hemat bahan bakar dan minyak pelumas, hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya pencurian armada. Armada kosong dengan mesin menyala kerap kali menjadi sasaran empuk para maling.

Membiarkan mesin menyala ketika kendaraan tidak bergerak menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada bahan bakar untuk menghidupkan kembali kendaraan yang mesinnya mati. Kendaraan niaga dengan mesin besar membuang lebih banyak bahan bakar saat idle. Sopir harus mematikan mesin mereka jika mereka berhenti, kecuali saat terjadi kemacetan lalu lintas.

Hal paling penting dalam usaha untuk mengurangi idle time adalah dengan memberikan edukasi kepada sopir tentang kerugian dari kebiasaan idle, seperti pemborosan biaya bahan bakar dan polusi udara.

2. Menggunakan GPS Tracker VAMOS

VAMOS membantu perusahaan dalam mengontrol dan mengawasi semua kendaraan niaga, termasuk idle time. VAMOS GPS dapat menyajikan laporan lengkap idle time kendaraan, baik saat mesin menyala, maupun dalam keadaan mati. Dengan GPS VAMOS, customer juga akan mendapatkan notifikasi apabila kendaraan parkir melebihi waktu yang telah ditentukan.

Bahkan untuk fitur advance, GPS VAMOS dapat memberikan notifikasi alarm hanya jika kendaraan parkir di area yang tidak diizinkan oleh Manager Logistik.

Meminimalkan idle time sangat bermanfaat bagi bisnis logistik. Menghemat bahan bakar dan minyak pelumas akan memberikan kontribusi pada peningkatan profitabilitas bisnis Anda. GPS VAMOS siap membantu pengelolaan armada Anda. Jadi, Jangan tunggu lagi dan hubungi kami sekarang juga di www.vamostech.com