February 22, 2024

Berikut adalah 3 alasan mengapa cara pengambilan keputusan berbasis data dapat membantu manajer armada meningkatkan efisiensi armadanya:

1. Membantu memaksimalkan keselamatan armada:Pengambilan keputusan berbasis data memainkan peran penting dalam memaksimalkan keselamatan dengan memanfaatkan data real-time untuk memberi informasi dan meningkatkan praktik keselamatan di antara pengemudi dan operasi armada. Hal ini dilakukan melalui: 

- Mengidentifikasi perilaku mengemudi berisiko: Telematika memberikan manajer armada berbagai data yang dapat dianalisis untuk mengidentifikasi perilaku mengemudi berisiko. Dengan memantau perilaku ini dan menemukan pola, manajer dapat menerapkan langkah-langkah untuk menghindari risiko kecelakaan selama perjalanan.

- Perawatan Preventif: Analisis data membantu manajer armada secara proaktif mengidentifikasi potensi masalah perawatan sebelum menjadi bahaya keselamatan, menghasilkan penghematan biaya dan peningkatan umur armada. Hal ini secara signifikan mengurangi kemungkinan kerusakan dan kecelakaan akibat kegagalan mekanis, menjaga keselamatan pengemudi.

 

2. Mendorong Penghematan Biaya:

Dalam penghematan biaya diperlukan data armada dan penggunaannya secara bijak untuk membuat keputusan yang efisien.

- Pemantauan Bahan Bakar: Pemantauan BBM membantu pebisnis mengidentifikasi di mana pengeluaran biaya BBM berada (contohnya pencurian bahan bakar). Data yang akurat memungkinkan manajer armada untuk secara proaktif menangani masalah yang mungkin timbul, sehingga menghilangkan pemborosan bahan bakar.

- Pelacakan Aset: Memanfaatkan perangkat lunak pelacakan aset membantu memahami kondisi kendaraan. Ketahui aset mana yang memberikan keuntungan dan yang menghabiskan lebih banyak dari yang seharusnya, sehingga membantu pebisnis menggunakan kendaraan yang tepat untuk pekerjaan yang tepat. Wawasan ini dapat membantu dalam membuat keputusan berdasarkan informasi aset mana yang harus dijual dan mana yang perlu lebih banyak, membantu menjalankan armada yang lebih efisien, aman, dan hemat biaya.

 

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan:Kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dapat mempengaruhi bisnis secara signifikan. Pengambilan keputusan berbasis data bertujuan untuk meningkatkan hal ini melalui:
 - Optimisasi Rute: Optimisasi rute dapat berdampak positif pada bisnis dan layanan pelanggan. Dengan membantu mengoptimalkan rute tercepat bagi pengemudi, pebisnis dapat melakukan pengiriman yang lebih tepat waktu dan menghemat bahan bakar.
 - Komunikasi Proaktif: Dengan menggunakan wawasan data, armada dapat mengantisipasi kemungkinan keterlambatan atau tantangan di muka. Dengan menyederhanakan komunikasi antara pengemudi dan manajer armada, pembaruan pekerjaan real-time disediakan. Ini mendorong komunikasi pengiriman proaktif dengan pelanggan, membangun kepercayaan dan mengelola harapan pelanggan secara efektif.

Data hanyalah angka kecuali dapat diubah menjadi sesuatu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tantangan armada. Dengan wawasan yang terdaftar di atas, sebuah armada dapat mendapatkan penilaian kinerja dan pemantauan real-time, membantu mereka membuat keputusan bisnis yang terinformasi untuk mencapai efisiensi operasional.

 

Bijak dalam Mengambil Keputusan Bisnis dengan Solusi Manajemen Armada Berbasis Data dari Vamos

Mengambil keputusan yang terinformasi adalah yang membedakan keberhasilan dari ketidakpastian dalam bidang manajemen armadaVamos memahami hal ini dan membawa pebisnis untuk memanfaatkan solusi berbasis data yang pasti membawa keuntungan ke bisnis.